Jika anda ingin menjalankan Bisnis percetakan maka ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah pasar konsumen, ketrampilan dan modal. Ada beberapa pilihan bidang apa saja yang dapat anda lakukan. Atau anda bisa memilih salah satu bidang yang ingin anda jalankan misalkan khusus produksi saja.

MARKETING
Jika anda tidak memiliki ketrampilan dalam bidang grafika, bahkan tanpa modal, anda masih bisa menjalankan bisnis ini. Caranya adalah dengan menjadi marketing. Tawarkan kepada teman-teman ataupun saudara, produk-produk cetakan seperti kartu nama, kaos sablon, mug sablon, kartu undangan, dll. Anda cukup mencari alamat tempat-tempat yang dapat memproduksi barang-barang cetakan.

DESAIN GRAFIS
Keahlian khusus komputer grafis sangat penting dalam menjalankan usaha percetakan. Cukup dengan modal komputer dan printer anda bisa membuka jasa setting dan desain. Lebih luas lagi membuka usaha percetakan dan advertising, untuk produksi dioper lagi ke percetakan lain.

PRODUKSI
Perlu modal untuk membeli peralatan produksi, modal paling murah adalah usaha sablon manual cukup dengan modal dibawah 1 juta. Untuk usaha print digital perlu modal yang lumayan besar kisaran puluhan juta. Sedangkan untuk usaha cetak mesin offset diperlukan modal yang sangat besar.

FINISHING
Usaha jasa finishing seperti melipat barang cetakan tanpa modal sama sekali. Ada beberapa pengusaha yang hanya khusus menerima jasa pond, emboss, poly atau hot print, jasa jilid buku hardcover, jasa laminating, dll.

TOKO
Mungkin anda hanya tertarik untuk menjual barang-barang hasil cetakan, atau bahan-bahan untuk barang cetakan, modal yang diperlukan cukup besar untuk stok barang-barang. Untuk menjual mesin-mesin atau alat-alat yang berhubungan dengan percetakan tentunya perlu modal yang sangat besar.